Jumat, 16 Februari 2018, bertempat di sekretariat Pengurus Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama DKI Jakarta (PW IPNU DKI Jakarta), Utan Kayu, Jakarta Timur, terlaksana kegiatan diskusi Kebangsaan dengan Tema : “Pancasila dan Agama”

Hadir mewakili GMKI Jakarta, Sekretaris 1 GMKI Jakarta, sdr. Carlos Wawo S.H. bersama aktivis dari Agama Buddha, Bung Rico serta Kiai Taufik Kiemas.

Dalam diskusi ini, sdr. Carlos Wawo S.H., menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara merupakan nilai-nilai yang diserap dari masyarakat dan juga diserap dari agama-agama di Indonesia. Keadaan ini membuat setiap agama dan setiap unsur masyarakat Indonesia harus selalu mengamalkan Pancasila.

“Pancasila sebagai pengikat setiap agama dan masyarakat Indonesia harus diamalkan dan dilaksanakan demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat” terang Carlos

Ditambahkan juga oleh Carlos, umat kristiani menilai hadirnya Pancasila di bumi Nusantara merupakan mukjizat dari Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga menjadi kewajiban bagi umat kristiani untuk menjaga nilai-nilai keberagaman dan toleransi sebagai wujud pengamalan Sila Ketiga.

“Di Indonesia, Umat beragama saling membutuhkan, Umat Muslim membutuhkan Umat Kristiani dan begitu pula sebaliknya”. terang Carlos.

Diskusi ini kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah.